... Welcome to our High End Audio Online Shop ...


SEKILAS SUARA TABUNG

Suara Tabung adalah sebuah ungkapan untuk reproduksi suara yang dihasilkan oleh sebuah system yang berbasis tabung atau vacuum tube. Saat ini teknologi solid state transistor telah begitu maju dan berkembang termasuk teknologi Chip computer / mikro prosessor / mikro komputer ataupun DSP yang dasarnya adalah transistor yang ditemukan pada tahun 1960. Akan tetapi teknologi lawas menggunakan lampu tabung / vacuum tube tetap bertahan di bidang audio dan masih mempunyai banyak penggemarnya. Suara Tabung secara subyektif sering didefinisikan sebagai suara yang kaya, suara yang hangat dan tebal yang semuanya itu adalah besaran kualitatif.

 

Tentu ada alasan-alasan kuat mengapa sebagian orang begitu menyukai Suara Tabung. Berikut ini akan dibahas beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Dalam hal ini tentunya telinga masing-masing pendengar akan menjadi jurinya, sehingga bisa menjadi subjektif inteprestasi bagi individu pendengarnya.

 

Karakteristik Fungsi Alih.

Sirkuit Elektronik yang berbeda akan menghasilkan suara yang berbeda pula. Demikian pula dengan Lampu Tabung. Secara individual komponen Lampu Tabung mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Transistor.  Secara aplikasi dan desain rangkaian pun berbeda.

 

Distorsi dan Kandungan Harmonisa.

Cacat atau distorsi adalah hal yang umum dalam setiap rangkaian audio. Akan tetapi pada rangkaian Lampu Tabung besaran cacat yang dihasilkan adalah lebih monotonic dan lebih dominan pada cacat harmonisa rendah. Telinga lebih peka pada cacat dengan harmonisa tinggi dan cacat intermodulasi. Cacat intermodulasi pada rangkaian Lampu Tabung adalah relative lebih rendah.

 

Karakteristik Kelebihan Beban.

Pada rangkaian Lampu Tabung Pembebanan berlebihan atau disebut over loading adalah lebih baik dibandingkan dengan rangkaian solid state transistor. Pada saat over loading bentuk gelombang sinyal akan terpotong pada bagian puncak-puncaknya atau yang disebut clipping. Clipping pada rangkaian Lampu Tabung adalah lebih baik karena rangkaian Lampu Tabung bekerja pada tegangan tinggi sehingga terdapat margin yang lebih besar. Akibatnya tanggapan sinyal-sinyal transient adalah lebih baik. Hal ini sering disebut sebagai Soft Clipping.

 

Impedansi Input yang Tinggi.

Pada umumnya rangkaian Lampu Tabung mempunyai impedansi input yang tinggi, sehingga tidak ada masalah pembebanan sumber input. Tidak kerugian dalam penyaluran sinyal input.

 

Lebar Bidang Daya dan Umpan Balik Negatif.

Bandwith atau lebar bidang daya pada Lampu Tabung pada kondisi ikal terbuka atau open loop secara umum adalah lebih besar dari solid state transistor.  Untuk mencapai tanggapan frekuensi yang lebar, maka pada rangkaian transistor digunakan umpan balik negative dalam jumlah yang cukup besar. Semakin besar umpan balik negative semakin besar pula pergeseran fase atau distorsi fase. Telinga adalah peka pada pergeseran fase. Rangkaian Lampu Tabung hanya menggunakan umpan balik negative dalam jumlah kecil dan hanya bila diperlukan.

 

Teknik Hybrid

Suara Tabung dalam batasan tertentu bisa didapatkan dari sebuah system solid state transistor dengan menggunakan teknik Hybrid. Yang paling umum dan mudah dalam pelaksanaanya adalah pemakaian Pre Amplifier Tabung dengan Power Amplifier Solid State Transistor / Chip Amp. Dalam hal ini Pre Amp Tabung berdiri sendiri dalam sebuah wadah yang terpisah dengan power amplifier. Lebih ekonomis lagi digunakan hybrid integrated tube amp, sebuah amplifier dengan input lampu tabung dan output power transistor / chip amp.